Tips Menggunakan Taksi di HCMC, Vietnam

Memilih taksi (yang baik) di kota yang belum pernah dikunjungi tentunya menjadi perkara yang gampang-gampang susah. Bahkan di Jakarta pun kita harus pandai memilah perusahaan taksi sesuai dengan kenyamanan dan keamanan yang kita peroleh.
Terutama di kota Ho Chi Minh City, Vietnam kita juga perlu berhati-hati dalam pemilihan taksi.

Recommended Taksi
Terdapat lebih dari 20 merek perusahaan taksi yang beroperasi di HCMC. Ada 2 jenis mobil yang digunakan sebagai taksi yaitu sedan (4 seat) dan station (7 seats). Ada perbedaan harga antar dua jenis kendaraan tersebut. Mobil yang berpenumpang 7 orang sedikit lebih mahal kira-kira 10-15 %.
Semua taksi memiliki meter dan anda bisa meminta bukti pembayaran akan tetapi harus berhati-hati terhadap merek taksi yang menggunakan 'argo kuda'!

Di bawah ini beberapa nama taksi yang paling kami rekomendasikan:

1. MAILINH Taxi
Kendaraan berwarna putih atau hijau. Mereka memiliki armada cukup banyak dan mudah ditemukan. Jenis mobil yang digunakan rata-rata berupa Toyota sedan VIOS atau INNOVA. Hati-hati dengan logo yang digunakan agar tidak keliru dengan taksi lainnya karena ada beberapa taksi yang membuat logo sengaja dimiripkan.



2. VINATAXI
Berwarna kuning cerah dan banyak beredar di sekitar distrik 1. Jumlah armada terbatas sehingga agak sulit menemukan taksi ini. Jenis mobil yang digunakan adalah sedan KIA atau Mitsubishi (7 seats). Akhir-akhir ini Vinataxi menambah armada baru dengan mobil jenis Toyota INNOVA (7 seats).


3. VINASUN
Armada berwarna putih dengan ciri khas emblem warna merah dan hijau. Hampir sama dengan Mailinh, mengunakan mobil jenis sedan VIOS dan Toyota INNOVA.



Tiba di Bandara Internasional Tan Son Nhat, HCMC.
Ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan ketika pertama kali tiba di bandara Internasional HCMC. Beberapa alternatif ini tentunya anda bisa sesuaikan mana yang paling nyaman.

Alt 1: Setelah pemgambilan bagasi dan sebelum keluar gedung terminal, anda bisa berjalan ke arah kanan dan mencari counter taksi MAILINH. Mereka akan memberikan tiket taksi dengan harga yang pantas.

Alt 2: Setelah keluar dari gedung terminal, berjalanlah ke sebelah kiri di mana terdapat deretan taksi yang menunggu penumpang. Di area tersebut anda bisa memilih merek taksi sesuai keinginan anda.

Alt 3: Setelah keluar dari gedung terminal, carilah tangga menuju ke lantai atas (keberangkatan) dan pada ujung jalan sebelah kanan terdapat semacam pangkalan taksi VINASUN khusus untuk keluar bandara.

Alt 4: Ini khusus bagi mereka yang suka berjalan dan tidak membawa bagasi yang berat. Setelah keluar dari gedung terminal silahkan berjalan keluar bandara menuju gedung department store PARKSON CITY. Di depan shopping mall tersebut terdapat beberapa pangkalan taksi yang 'recomended'.

Post a Comment

Previous Post Next Post