Sejarah MASYINDO HCMC

Sejarah berdirinya organisasi MASYINDO HCMC sejak awal masyarakat Indonesia tinggal di HCMC dan sekitarnya hingga dengan resminya MASYINDO HCMC dibentuk pada tanggal 20 April 2008 menjadi sebuah cerita yang bagi eks maupun mereka yang masih tinggal di Vietnam.

Berawal pada kebutuhan untuk berkumpul bagi ibu-ibu yang baru pindah ke Vietnam karena mengikuti dinas suami di Vietnam pada awal tahun 2003, mereka berkumpul bersama untuk membangun hubungan yg harmonis antara konsulat dengan masyarakat Indonesia di Ho Chi Minh City pada khususnya dengan kegiatan arisan, pengajian, kebaktian, Asian Lady dan juga acara tahunan peringatan Hari Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus.

Indonesian Business Association Ho Chi Minh City (IBA-HCMC)
Dibentuk tahun 2003 di bawah naungan KJRI, sebagai pioneer berdirinya ICCV yang difasilitasi oleh Bapak Cipto (Pejabat Konsulat Jendral pada saat itu) dan diketuai oleh Bp. Prasetyadi.



Indonesian Chamber of Commerce Vietnam (ICCV)
Tidak lama setelah ICCV terbentuk, para pengurus inti harus meninggalkan Vietnam karena tugas dan alasan yang lain sehingga tidak lagi terlihat aktif. Secara historis ICCV bukan organisasi yang kemudian berkembang menjadi MASYINDO HCMC saat ini walaupun secara kronologis merupakan organisasi yang pernah berdiri sebelum MASYINDO HCMC dibentuk. Hingga saat ini (Juni 2008), ICCV sedang berusaha dijalankan kembali oleh para pengurus intinya.

2003 - Sea Games XXIII
Ketika akhir tahun 2003 Sea Games XXIII digelar di Vietnam, tercetus gagasan dari masyarakat Indonesia untuk membuat perkumpulan yang pada akhirnya tercatat sebagai perkumpulan masyarakat Indonesia yang pertama dibentuk dengan nama "Murni" yang bertujuan untuk memberi motivasi bagi para atlet Indonesia.

Organisasi 'mungil' ini tercetus pada saat acara Halal Bihalal di rumah Ibu Tini T yang diprakarsai oleh Bapak Eril Haesra. Team kecil ini diketuai oleh Bp. Eril H, Bp. Rachmad S sebagai Sekretaris Umum dan Bp. Anto Juma'in sebagai Bendahara.

Database masyarakat Indonesia berawal di sini dan terkumpul pula sejumlah dana bagi rekan-rekan Masyindo yang lain untuk membeli tiket masuk dan kegiatan Sea Games lainnya.

Foto samping:
Surat Penghargaan dari KONI pusat kepada masyarakat Indonesia pada saat menjadi suporter untuk kontingen SEA GAMES dari Indonesia.


Indonesian Badminton Club Saigon (IBCS)
Berdiri atas prakarsa Bp. Andi Sembiring dan sebagai ketua IBCS saat itu adalah Bp. Enung Haryadi.

26 Jan 2008 - Pembentukan Formatur
Berawal dari pertemuan beberapa masyarakat Indonesia di rumah ibu Tini Tinnemeyer yang menghasilkan sebuah tim formatur atau panitia pembentukan organisasi.

Para anggota formatur tersebut diketuai oleh Bp. Rachmad Setiyono, dibantu oleh beberapa anggota lain yaitu Bp. Agus Supriyadi, Bp. Sunarmin Sunggono, Bp. Heru Muskita, Bp. Aryo Utomo, Bp. Zikri Fauzan, Ibu. Tini T dan Ibu Meidy Walangitan.

07 Feb 2008 - Rapat I
Para formatur mengadakan rapat pertama di rumah Bp. Agus Supriyadi pada tanggal 07 Februari 2008 yang menghasilkan draft Anggaran Dasar dan Susunan sementara pengurus organisasi.

12 Feb 2008 - Rapat II
Diadakan di rumah Bp. Rachmad S dengan agenda utama pembahasan tentang Anggaran Dasar dan nama organisasi.

Berikut ini sekelumit komunikasi yang sempat tercatat.
**********************************************************************************
2008/2/12 Rachmad Setiyono <rachmad.setiyono@gmail.com>:
Subject: AD-ART & nama Organisasi

Yth. Bapak/ibu/rekan semuanya,Terimakasih p Agus atas penujukannya.
Monggo saja....meeting selanjutnya (23/2/08) di rumah saya. Tapi mohon maklum sebelumnya, atas kaadaan & keterbatas kami nanti.
Ini alamat rumah saya: Jl Ngo Quang Huy 11/4 Thao Dien Q2

Salam,
R Setiyono.
**********************************************************************************

Dari hasil rapat tersebut tercetus beberapa alternatif nama organisasi dan akhirnya diambil keputusan berdasarkan voting dengan suara terbanyak. Nama MASYINDO HCMC mendapatkan suara terbanyak, sehingga terpilih sebagai nama organisasi.

15 Maret 2008 - Rapat III
Kemudian pada tanggal 15 maret 2008 diadakan rapat formatur ke-3 bertempat di rumah Bp. Adam Abdoula. Rapat ini membicarakan tentang pendanaan organisasi, database keanggotaan dan logo organisasi. Hasil rapat tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam Anggaran Dasar Organisasi.

Hadir pada rapat ke-3 adalah Rachmad Setiyono, Irdamis Ahmad, Adam Abdaula, Sunarmin, Agus Supriyadi, Aryo Oetomo, Tini Tinnemeyer, Meidy Lindekilde, Yusuf Purwanto, Heru Waskita, Sriyoto, Agus W Nugraha, Joko Warsito, Yoppy Kurniawan, Ragil Sunardi, Nanang Asandi, Irene Bech, dan Rita Ariyanti.

Pada rapat ini pula diputuskan bahwa pemilihan logo adalah melalui lomba desain dan polling pemilihan oleh Weblog Masyindo Vietnam sebagai fasilitator.

15 Apr 2008 - Rapat IV
Tanggal 15 April 2008 para anggota formatur berkumpul kembali di rumah Bp. Poernomo untuk memantapkan pemilihan logo terbaik dan persiapan menjelang peresmian. Pada rapat ini telah diputuskan pula nama organisasi (setelah melalui beberapa nama alternatif) yaitu MASYINDO HCMC.

20 Apr 2008 - Masyindo HCMC diresmikan
Seperti yang telah direncanakan, organisasi MASYINDO HCMC akhirnya diresmikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Ho Chi Minh City pada tanggal 20 April 2008.

nara sumber: Rachmad S, Sugeng E

Post a Comment