Pasar Senggol 2013 - Indonesian Charity Bazaar


Masyarakat Indonesia di HCMC untuk ke sekian kalinya kembali menunjukkan betapa besar rasa kemanusiaan dan kepedulian mereka terhadap sesamanya. Kali ini, mereka bersama-sama membentuk tim solid yang diketuai oleh Amelia Siregar mengadakan sebuah acara yang bertajuk Pasar Senggol 2013 - Indonesian Charity Bazaar. Acara ini telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 43.300.000 vnd dan dana tersebut telah disumbangkan kepada Rumah Sakit Kanker Bệnh Viện Ung Bướu, 3 Nơ Trang Long, phường 7, Binh Thanh District, Ho Chi Minh City.

Dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk KJRI di HCMC, Perhimpunan Masyindo HCMC dan TNK Vietnam acara tersebut berlangsung dengan sangat meriah hingga melampaui ekspektasi dari panitia penyelenggara.



Interesting Corners
Mereka yang hadir dalam Pasar Senggol 2013 sesuai perhitungan oleh panitia mencapai 350 pengunjung, baik orang Indonesia, orang Vietnam maupun warga negara asing lainnya. Begitu banyak hal yang tentu saja menarik perhatian mereka, antara lain:

BAZAAR | Bisa mendapatkan berbagai souvenir dan pernak pernik menarik dari berbagai vendor yang mengisi acara ini (batik, tas, baju, kain khas daerah dari Indonesia, kalung dan aksesoris). Sebagian dari hasil penjualan juga disumbangkan sebagai donasi untuk rumah sakit kanker.


POJOK BABE | Adalah pojok BArang BEkas layak pakai yang bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi saudara2 kita yang membutuhkan. Siapapun bisa belanja kaos vintage sambil berderma. Dan memang terbukti bahwa area ini paling laku keras, terutama di awal pembukaan acara.


PERMAINAN | Adalah acara utama bagi Anak dan Dewasa, kita semua (warga Indonesia di HCMC dan sekitarnya) bisa bergembira, berinteraksi dan berlomba sambil bernostalgia akan berbagai permainan khas tanah air. Dan ternyata beberapa warga negara asing pun tak mau ketinggalan, mereka bersama dengan anak-anaknya mengikuti berbagai perlombaan tersebut.





SELERA NUSANTARA | Area ini sepertinya menjadi pusat perhatian seluruh pengunjung Pasar Senggol 2013. Setelah puas bermain dan berbelanja semua pengunjung menyempatkan diri untuk mampir dan mengisi perut dengan berbagai kuliner nusantara persembahan ibu2 Masyindo di STAND KULINER. Berbagai resep tradisi yang tampil benar-benar menggoyang lidah tak tersisa. Bahkan beberapa orang tidak kebagian. Banyak sekali pilihan makanan dari Nasi Padang, Bala2, Mie Ayam, Bakso, Nasi Timbel, Sate Ayam, Gudeg, Siomay, Es Teler dll....

Pesta Rakyat dan Pasar Senggol
Tidaklah berlebihan apabila event ini kembali membangkitkan semangat kekeluargaan dan rasa cinta tanah air walaupun kita berada di negeri rantau. Diawali dengan suksesnya Pesta Rakyat 2010 dan Pesta Rakyat 2011, acara ini terlahir dengan adanya keinginan ibu-ibu untuk menyajikan makanan khas Indonesia yang lebih beragam yang bertema food bazaar, maka lahirlah ide dengan nama Pasar Senggol.



Lelang Charity
Penjualan beberapa barang sumbangan dengan cara lelang juga menjadi bagian baru di dalam acara ini. Suasana hingar bingar mirip pasar lelang secara spontanitas tercipta saat penjualan barang dimulai. Terdapat berbagai barang termasuk furniture dan komputer.


Berdasarkan 'feedback' yang diterima, acara ini telah membuat sebagian besar pengunjung, terutama warga negara asing sangat terkesan dan menghargai masyarakat Indonesia. Kita patut berbangga bahwa nama Indonesia di luar negeri masih memberikan kesan yang sangat positif dan menjanjikan.

red: EWH

Post a Comment

Previous Post Next Post